Ibu Anas bin Malik menyerahkannya kepada Rasulullah SAW saat kecil. Rasulullah SAW menerimanya sebagai pelayan beliau.
Anas adalah anak yang sangat cerdas. Hari-harinya dihabiskan untuk mendampingi Nabi SAW, membantu pekerjaan beliau dan memiliki saham yang besar dalam penegakan syari’at karena riwayat yang dibawanya dari Rasulullah SAW. Ia dengan mudah dapat hadis-hadis Rasulullah SAW. Bahkan, hadis-hadisnya, tidak banyak diketahui oleh para sahabat. Di antara hadis yang pernah diriwayatkan oleh Anas bin Malik adalah: “10 tahun lamanya aku berkhidmat kepada Rasulullah SAW dan aku tidak pernah melihat beliau memukul seorang khadim atau seorang wanita pun. Juga tidak pernah menegur, “Apa yang engkau lakukan, mengapa engkau lakukan?” dan tidak pula, “Mengapa engkau tidak lakukan, Mengapa engkau tidak tinggalkan?” (HR. Bukhari) Dan Nabi SAW sesekali mengutusnya untuk satu urusan. Suatu ketika, beliau bermaksud mengutusnya, namun ternyata tidak ada. Setelah kembali, beliau berkata kepadanya,” “Jika tidak karena takut qishah, pasti engkau kupukul dengan siwakku ini.” (HR. Bukhari)
Suatu hari, ibu Anas bin Malik memohon agar Rasulullah SAW agar ia didoakan. Maka, Nabi SAW pun mendoakannya, “Ya Allah, perbanyaklah hartanya dan juga anaknya serta berkahilah ia di dalamnya.” Berkat doa Nabi ini, Anas pun berumur panjang dan mempunyai banyak anak. Semasa ia hidup, banyak anak dan cucunya yang meninggal mendahuluinya. Ia juga menjadi seorang yang kaya raya, namun ia tetap zuhud terhadap dunia.
Suatu hari seorang pria datang mengadu kepada Anas tentang kegersangan tanah di daerahnya. Maka Anas berwudhu lalu keluar ke lapangan dan shalat dua rakaat. Tidak lama kemudian, awan datang berarak dan turunlah hujan padahal saat itu musim panas. Abu Hurairah pernah berkata, “Aku tidak melihat seorang pun yang lebih mirip shalatnya dengan Rasulullah SAW, selain dari putra Ummu Sulaim (Anas).”
Setelah wafatnya Anas bin Malik, “Telah hilang dari kita separuh ilmu.” Ia adalah seorang yang dijadikan hujjah (pegangan) dalam tasyri’ (hukum) dan Hadits.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s