Pertama, Anda harus melakukan relaksasi dan sugesti dengan langkah-langkah yang lebih ringkas dan sederhana. Tapi, relaksasi dan sugesti ini harus dilakukan secara intensif di rumah.

Jika Anda sering melakukan latihan relaksasi dan sugesti, sama saja dengan Anda menanamkan situasi tenang dan kekuatan pada alam bawah sadar Anda. Semua situasi positif yang sudah tertanam di dalam batin bawah sadar akan menjadi kecenderungan positif secara otomatis.

MELAKUKAN LATIHAN RELAKSASI DAN SUGESTI

Ada beberapa cara melakukan latihan relaksasi dan sugesti demi menciptakan rasa percaya diri:

1. Dengan Doa.
Doa memohon kepercayaan diri yang dilakukan secara intensif akan melahirkan dua hal: 1. Kemungkinan doa itu akan terkabulkan mengingat firman Allah swt: “Berdoalah kepadaKu niscaya akan Aku perkenankan bagimu. (QS. Ghofir: 60); 2. Sugesti yang dilakukan berulang-ulang akan melahirkan kenyataan.

Doa untuk membangun rasa percaya diri dengan cepat harus dilakukan dengan kemauan, keyakinan dan konsentrasi tinggi. Untuk itu, pertama-tama Anda harus mengisi paru-paru Anda dengan udara sekitar 75%. Setelah itu tahanlah nafas dengan menikmati rasa nyaman dari udara yang masuk. Tahanlah nafas selama Anda bisa. Sambil menahan nafas berdoalah. Doanya terserah Anda, namun dalam Islam Nabi selalu menganjurkan doa kepercayaan diri seperti ini:

رب اشرح لي صدري ويسرلي امري واحلل عقدة من لساني يفقهوا قولي

Rabbisyrahli Shadri wayassirli Amrii wahlul ‘Uqdatan millisaanii yafqahuu qawlii

“Ya Allah luaskanlah dadaku permudahlah urusanku dan lepaskan belenggu di mulutku sehingga perkataanku menjadi perkataan yang penuh ilmu,”

Sambil tetap menahan nafas, ucapkanlah ALHAMDULILLAH dengan tujuan untuk bersyukur kepada Allah. Setelah itu, hembuskanlah nafas dengan lembut beberapa kali. Yakinlah, setelah itu Anda diliputi oleh rasa senang, syukur, kebahagiaan dan limpahan karunia dari Allah.

2. Dengan Sugesti

Jika Anda menginginkan kondisi yang optimal, lakukanlah teknik relaksasi di atas beberapa kali sebelum melakukan aktivitas yang menurut Anda memerlukan rasa percaya diri yang berlebih.

Tahukah Anda bahwa irama nafas yang teratur akan membuat detak jantung juga lebih teratur? Efek positif dari irama nafas yang teratur ini adalah ketegangan yang bisa diatasi, dikurangi bahkan bisa dihilangkan. Bahkan, jika Anda telah selesai melakukan teknik relaksasi di atas, dengan kekuatan nafas yang teratur, Anda dapat melakukan sugesti lain.

Sambil menahan nafas, ucapkan dlaam hati kalimat autosugesti dengan penuh keyakinan. Misalnya kalimat ini: “Bangkitlah ketenangan dan kekuatanku, bangkitlah rasa percaya diriku.”

Setelah itu, hembuskanlah nafas dengan lembut. Atau bisa juga setelah kalimat autosugesti selesai diucapkan, hembuskan nafas dengan kencang sekencang-kencangnya dengan tujuan untuk membuang energi negatif (rasa minder) dalam diri kita.

Nah, setelah itu rasakanlah sensasi percaya diri yang luar biasa dalam diri Anda. Selamat mencoba…

5 thoughts on “TIPS MENJADI PERCAYA DIRI

  1. Huh berhubungan dengan org desa yg banyak omong, yg tdk tahu tata krama, menyakiti hati membuat minder malas bergaul pdhl bergaul itu perlu tp merasa tdk dihargai.. suaranya keras, kasar pula.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s