FITNAH TIDAK LEBIH KEJAM DARIPADA PEMBUNUHAN


buka-topeng

Salah satu bukti rusaknya pemahaman Islam di kalangan awam hingga ustadz-ustadz awam adalah dengan masih menjadikan adagium “fitnah lebih kejam daripada pembunuhan” sebagai dalil. Adagium ini sudah pasti diambil dari ayat al-Quran yang berbunyi: al-Fitnatu Asyaddu Min al-QatlIni adalah potongan dari Qs. al-Baqarah ayat 191. Padahal, ayat ini sama sekali tidak membahas tentang “fitnah”.

Anda harus mengetahui bahwa fitnah dalam bahasa Indonesia tidak sama dengan fitnah dengan bahasa Arab. Bahasa Arabnya fitnah (membuat berita bohong tentang seseorang) adalah Buhtaan. Dalam segala macam jenis kitab tafsir, mau tafsir kiri atau kanan, frasa al-Fitnatu Asyaddu Min al-Qatl bermakna cobaan berat yang membuat seorang muslim keluar dari Islam itu lebih berat daripada dibunuh dengan masih berpegang pada agamanya. Itu Anda bisa lihat di Tafsir al-Thabari, tafsir Ibnu Katsir, Tafsir al-Baghawi, Tafsir al-Thanthawi, dan seterusnya dan seterusnya. 

Menurut Tafsir al-Mizan, makna lebih kejam daripada pembunuhan itu karena keluar dari Islam (musyrik) itu merusak dunia dan akhirat sekaligus; sedangkan pembunuhan hanya merusak dunia seseorang (yang dibunuh).

Saya kira bukan ayat ini saja, banyak sekali ayat yang diartikan seenak perutnya oleh banyak kalangan, entah yang mengaku ustadz atau yang lainnya. Padahal, seharusnya jika setiap orang berpikir lebih panjang sedikit, pasti akan ketemu dengan pertanyaan seperti ini: Jika menfitnah itu lebih kejam daripada membunuh, seharusnya hukuman kepada orang yang menfitnah lebih berat daripada pembunuh. Padahal kenyataannya, orang yang menfitnah tidak dihukum lebih berat daripada orang yang membunuh. 

Jadi, mulai sekarang, ustadz-ustadzah yang masih mengajarkan kekeliruan ini, hendaklah menghentikan kemalasannya untuk membaca dan belajar lagi. Tidak mengapa nekat menjadi da’i, kan lumayan banyak duit, tapi mestinya jangan tidak belajar. Jadi, fitnah itu tidak lebih kejam daripada pembunuhan.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s