Salafiyah Itu Bukan Madzhab


Salafiyyah: Marhalah Zamaniyyah Mubarakah Lā Madzhab Islamiyy
Salafiyyah: Marhalah Zamaniyyah Mubarakah Lā Madzhab Islamiyy

Pernah mendengar hadis ini?: “Sebaik baik manusia ialah orang yang sezaman dengan saya (para shahabat) kemudian generasi yang mengikuti mereka (para Taabi`iin) kemudian generasi yang mengikuti mereka dengan baik (Atbaa`ut Taabi`iin), kemudian datang satu kaum dimana persaksian mereka mendahului sumpahnya dan sumpah mereka mendahului persaksiannya.”

Hadis ini seringkali dijadikan dalil mengikuti madzhab salaf yang diselewengkan menjadi madzhab wahabi (sebutan lain wahabi memang salaf). Ramadhan Buthi dalam kitab “Salafiyyah: Marhalah Zamaniyyah Mubarakah Lā Madzhab Islamiyy”, mengutip Ibn Abd al-Barr, menyatakan bahwa yang dimaksud oleh hadis itu dengan sebaik2 generasi adalah kaum muslimin secara umum, bukan individu-individu. Karena bisa jadi individu yang hidup sesudahnya lebih baik dari mereka.

salafiyah-2

Secara umum, orang2 yang hidup di zaman Sahabat dianggap paling baik karena kedekatan mereka kepada silsilah kenabian dan pengajaran kerasulan. Mereka dekat dengan sumber Islam, yaitu Rasulullah SAW. Zaman mereka dianggap paling terjaga dari penyebaran bid’ah. Sedangkan orang2 yang hidup di zaman Tabi’in, mereka menerima pengajaran langsung dari para Sahabat yang–secara teori–langsung diajari oleh Rasulullah SAW. Zaman setelah itu adalah zaman Tabi’i al-Tabi’in. Mereka menerima pengajaran dari para Tabi’in yang menerima pengajaran dari para Sahabat. Pada zaman ini ditengarai mulai muncul praktik2 bid’ah, kelompok2 sesat, dst dst.

Artinya, 3 zaman itu dianggap paling baik karena pemahaman mereka tentang Islam yang sangat dekat dengan silsilah kenabian. Mereka itulah yang kemudian disebut Salaf al-Shālih, bukan madzhab Wahabi yang menamakan diri mereka madzhab Salaf.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s