Negara Tanpa Pemerintahan


Hidup bernegara dalam banyak literature dan pengertian-pengertian formal adalah hidup dalam aturan-aturan dan, oleh karena itu, keteraturan. Dalam aturan, karena kehidupan masyarakat selalu diikat oleh aturan-aturan dan undang-undang. Dalam keteraturan, karena pemerintah baik daerah maupun pusat dapat menciptakan system-system yang berguna bagi kehidupan rakyatnya, baik system perekonomian, pemerintahan, kepegawaian, perpajakan, dan yang lebih penting lagi, system keamanan.

Kenapa penting? Karena kesejahteraan masyarakat sangat bergantung pada keamanan tersebut, baik keamanan dalam penyelenggaraan pemerintahan, beribadah, maupun dalam menjalankan aktivitas ekonomi dalam keseharian. Jika faktor keamanan ini hilang, maka hal-hal yang lain juga akan ikut-ikutan terimbas secara negative.

Misalnya, jika kondisi suatu daerah sudah tidak aman lagi akibat berbagai sebab, maka hal-hal seperti perekonomian, politik, budaya, pendidikan akan terganggu secara pasti. Orang-orang menjadi enggan atau takut menjalani aktivitas kesehariannya, kegiatan perpolitikan yang berguna bagi terselenggaranya pemerintahan juga terganggu, demikian juga kegiatan pendidikan dan kebudayaan, juga akan terganggu. Oleh kerena itu, Negara mempunyai peranan yang sangat signifikan dalam mewujudkan keamanan masyarakatnya.

Terror bom buku yang selama ini marak adalah faktor kecil yang tidak selayaknya dapat menggangu ketentraman masyarakat. Negara dengan berbagai instrumennya, seperti BIN, kepolisian, Kemenkominfo, Kemenristek, dll semestinya mampu mengantisipasi ini secara cepat dan tepat. Terutama Kemenkominfo dan Kemenristek, mestinya lembaga ini adalah lembaga yang kreatif yang dapat memberikan hal-hal berbeda yang mampu menjaga keutuhan Negara dengan penggunaan IT yang tepat dalam rangka mencegah aksi-aksi terrorisme seperti ini.

Negara yang baik adalah Negara yang setiap saat dapat hadir pada faktor apapun alam kehidupan masyarakat. Karena jika Negara senantiasa absen dalam kehidupan masyarakatnya, maka tak ubahnya Negara seperti kerajaan yang hanya mampu memunguti upeti tanpa dapat melindungi warganya dari berbagai ancaman keamanan. Jika di Jakarta saja orang dapat mengoyak-oyak keamanan masyarakat, apalagi di daerah yang notabene jauh dari pemerintahan pusat. Inilah Negara yang untuk kesejahteraan dan keamanan warganya seperti tak ada pemerintahan. Sebaliknya, jika menyangkut urusan pajak, tagihan listrik, tagihan air, IMB, dan kewajiban masyarakat yang lain, Negara sangat bisa diharapkan kehadirannya bahkan sebelum datang waktunya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s