KARIR BAGI ANAK AUTIS


Sejak kapan memiliki gairah, teliti terhadap detail, dan kurang perhatian pada gosip kantor menjadi masalah di tempat kerja? Karena tempat kerja didefinisikan sebagai latar sosial 9-5! Memang benar bahwa kantor – dan kamar saham di Walmart – adalah setting kerja yang “biasa”. Tapi orang autistik tidaklah biasa. Mereka juga tidak biasa bagi karir dimana mereka telah menjadi kandidat yang baik.

Mereka Suka Melihat Pohon daripada Hutannya:
Ini merupakan ciri umum di antara orang-orang autistik: mereka melihat bagian-bagiannya (detailnya) bukan keseluruhan. Ini merupakan masalah di beberapa tempat kerja, tapi merupakan atribut yang luar biasa jika Anda mencari … detail ruang anomaly yang luar biasa (sebagai astronom), sel-sel yang unik (sebagai teknisi laboratorium), perbedaan-perbedaan di antara spesies (sebagai peneliti biologis), karakteristik suara yang dihasilkan instumen musik (sebagai musikus atau music arranger), berbagai kelemahan dalam rangka dan hitungan permesinan (sebagai engineer), sifat-sifat khusus benda (sebagai gemologist, juru taksir barang-barang antik, atau sejarawan seni).

Keluarga adalah Satu-satunya Temannya:
Ciri ini mungkin saja tak bisa dibawa ke tempat kerja professional. Namun ini merupakan atribut yang penting jika Anda mencari… seorang penjaga hutan; seorang penulis atau seniman; seorang estate caretaker; seorang horticulturalist; atau bahkan seorang ahli paleontolog. Namun demikian, kurangnya minat kepada orang lain tidak menunjukkan kurangnya minat atau kemampuan untuk mengelola barang, hewan, atau sistem. Dan tidak mudah menemukan orang yang memenuhi syarat dan bersedia menghabiskan waktu yang lama dalam rangka mengerjakan tugas dalam kesendirian.

Mereka hanya suka melakukan… [isilah tanda kurung ini]:
Jika Anda pernah bekerja di museum, laboratorium atau universitas, Anda akan menemukan dunia yang penuh keikhlasan, orang-orang yang penuh gairah. Untuk seorang akademisi, minat mereka, tidak peduli seberapa kecil, adalah sangat menarik. Hal yang sama juga berlaku bagi profesional museum dan arkeolog, yang menghabiskan hidup mereka mempelajari artefak, tulang atau tekstil.

Memikirkan Gambar, Tapi Susah Memahami Percakapan: Beberapa orang autistik orang dapat dengan mudah membayangkan suatu gambar 2-dimensi sebagai objek 3-dimensi. Dengan pelatihan yang sesuai, orang-orang ini bisa menjadi calon ideal untuk pekerjaan dalam bidang-bidang seperti CAD (computer aided design), konstruksi model arsitektur, desain industri, menunjukkan prototipe, dan banyak lagi. Kuncinya adalah menemukan dan mendukung pelatihan yang dapat menyebabkan karier tersebut.

Sangat Rule-Oriented yang Dapat Membuat Orang Jadi Gila!
Dalam tempat kerja yang khusus, kebanyakan orang melanggar peraturan, hal yang sangat sulit dilakukan orang autistik, yang butuh dan merespon struktur. Tapi ada banyak tempat kerja di mana aturan-aturan yang mutlak–untuk semua orang. Seperti pada dunia militer, keamanan negara, administrasi negara, rumah sakit dan laboratorium, peraturan tidak hanya penting–tetapi sangat sangat penting.

Lebih Suka Hewan Daripada Manusia
Tak mudah menjadi dokter hewan. Tapi bisa juga dipertimbangkan karir lain yang animal-oriented seperti merawat kuda peternakan, kandang atau pacuan kuda. Zookeeper atau curator hewan di kebun binatang atau peternakan. Menjadi seorang naturalist atau pakar penangkaran hewan. Naturalis atau ahli peternakan di museum atau akuarium. Bisa juga bekerja pada toko hewan peliharaan. Teknisi areal praktek dokter hewan. Dan banyak lagi yang lain. Daftarnya bisa ditambah terus menerus.
Selalu Open-Minded:

Siapa yang ada di luar sana? Apa yang mereka kerjakan? Dan banyak pertanyaan lainnya. Bagi orang-orang dengan spectrum autis, jawabannya haruslah seluas mungkin. Banyak karir yang pas untuk tipe in, perhatikan hobby, kemampuan dan kebutuhan anak-anak Anda, mungkin saja mereka termasuk di dalamnya.

One thought on “KARIR BAGI ANAK AUTIS

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s