10 FAKTA PENTING TENTANG AUTISME


Inilah fakta-fakta autisme yang harus diterima oleh orang-tua. Ada banyak yang negative, tapi tidak sedikit yang positif. Penerimaan sepenuhnya dari orang-tua akan membawa pada keikhlasan mendidik anaknya yang autis menjadi orang yrang mampu mengarahkan kemampuan positif-nya dalam rangka menjalani hidup. Bahkan, bisa jadi, hanya anak-anak yang. autisticlah yang dapat mengerjakan banyak jenis pekerjaan tertentu yang orang biasa berada beberapa tingkat di bawah mereka. Inilah fakta-faktanya:

1. Autisme adalah ‘Spectrum’ Disorder: orang-orang dengan autisme mungkin saja sedikit autistik atau sangat autistik. Dengan demikian, mereka mungkin saja adalah anak yang cerdas, verbal, dan cacat mental, non-verbal. Suatu penyimpangan yang meliputi berbagai gejala ini sering disebut spektrum disorder (gangguan spektrum autisme). Gejala yang paling sering komunikasi sosial (kontak mata, percakapan, mempunyai perspektif yang berbeda dari orang biasa, dll).
2. Sindrom Asperger (SA) adalah dianggap sebagai bagian dari spektrum autisme. Satu-satunya perbedaan yang signifikan antara SA dan High Functioning Autism adalah bahwa orang-orang dengan SA biasanya berkembang dengan cepat, sementara orang-orang dengan autisme biasanya memiliki keterlambatan bicara. Orang dengan SA umumnya sangat cerah dan verbal, tetapi mempunyai defisit sosial (itu sebabnya SA telah mendapat julukan “Geek Syndrome“).
3. Autisme tak sama: Beberapa orang dengan autisme yang cerewet dan yang lainnya adalah pendiam. Ada yang memiliki masalah sensoris, masalah pencernaan, tidur kesulitan dan masalah medis lainnya. Yang sama mungkin hanya keterlambatan komunikasi sosial penundaan.
4. Begitu banyak perawatan untuk autisme tapi penyembuhannya tidak akan sejauh ilmu kedokteran orang-orang non-autism. Itu tidak berarti bahwa orang dengan autisme tidak akan membaik. Bahkan ketika orang-orang dengan autisme meningkatkan keterampilan mereka, mereka akan seterusnya masih autistik, yaitu mereka akan berpikir dan memahami berbeda dari kebanyakan orang. Anak-anak dengan autisme mungkin menerima berbagai jenis perawatan. Mungkin perawatan biomedis, sensorik, perilaku, atau bahkan perkembangan seni berbasis. Tergantung pada anak, pengobatan tertentu akan lebih berhasil dari yang lain.
5. Ada Banyak Teori-teori di Penyebab autism, tapi tidak konsensus. Anda mungkin telah melihat atau mendengar berita tentang kemungkinan penyebab autisme. Teori berkisar antara merkuri dalam vaksin untuk genetika bayi. Saat ini, sebagian besar peneliti berpendapat autisme disebabkan oleh kombinasi genetik dan faktor lingkungan – dan itu sangat mungkin bahwa gejala-gejala orang yang berbeda memiliki penyebab yang berbeda.
6. Autisme adalah diagnosa seumur hidup. Bagi beberapa orang, sering (tetapi tidak selalu) menerima intervensi dini secara intensif, dan berhasil menurunkan gejala-gejala autisme secara radikal. Orang-orang dengan autisme juga bisa belajar membantu mereka mengelola kesulitan dan bahkan membangun kekuatan unik mereka. Tetapi orang dengan autisme mungkin akan autistik sepanjang hidup mereka.
7. Keluarga Yang Sedang Menghadapi Masalah Autisme Memerlukan Bantuan dan Dukungan: Bahkan autisme yang High Functioning adalah cobaan bagi orangtua. Apalagi Low Functioning Autism, ini adalah cobaan berat bagi keluarga. Keluarga bisa jadi menghadapi ketegangan setiap harinya. Karena itulah, mereka membutuhkan bantuan dari teman-teman, keluarga, dan rumah-rumah terapi. Respite Care mungkin saja dapat menyelamatkan keluarga atau pernikahan!
8. Tidak ada sekolah terbaik untuk anak autis.
Anda mungkin pernah mendengar tentang sekolah autisme, atau membaca tentang seorang anak autis yang berhasil blending dengan baik dalam jenis setting kelas tertentu. Tapi, setiap anak autis memiliki kebutuhan unik. Bahkan setting kelas yang menurut satu anak adalah sangat ideal, tapi tidak untuk anak yang lain. Keputusan tentang pendidikan autistik pada umumnya dilakukan oleh sebuah tim yang terdiri dari orang tua, guru, administrator dan terapis yang mengenal anak dengan baik.
9. Ada Banyak berdasar Tentang Autism, dan kebanyakan adalah tidak benar. Sebagai contoh, Anda mungkin pernah mendengar bahwa orang-orang dengan autisme itu dingin dan tidak berperasaan, atau bahwa orang-orang dengan autisme tidak pernah bisa menikah atau sangat workaholic. Untuk memahami seseorang dengan autisme itu kita harus meluangkan waktu untuk mengenal dia atau dia-secara pribadi!
10. Orang Autistik Memiliki Banyak Kekuatan dan Kemampuan.
Memang, tampak di luar autisme adalah diagnosis yang sepenuhnya negatif. Tapi hampir semua orang di spektrum autisme memiliki kemampuan besar untuk ditawarkan kepada dunia. Orang-orang dengan autisme adalah di antara yang paling blak-blakan, tidak menghakimi, penuh gairah yang pernah ada. Mereka juga calon yang ideal bagi banyak jenis karier.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s