TIPS MENANGANI ANAK AUTIS


Pernahkah Anda gemes melihat anak Anda yang autis bertingkah aneh, misalnya teriak-teriak gak jelas sebabnya? Pasti sering. Nah, jika itu terjadi, jangan sekali-sekali membentaknya, karena kebanyakan anak autis malah tidak diam gara-gara bentakan kita, bisa-bisa teriakannya bertambah histeris dan kencang. Perlakukan mereka dengan penuh kasih-sayang. Memang lain anak lain penanganannya, tapi mungkin ini bisa menjadi obat alternative untuk Anda. Jika anak saya melakukan hal yang sama, saya menirukan gaya dia berteriak (mimiknya) tapi tidak mengeluarkan teriakan. Atau malah kita bikin lebih jelek lagi muka saya. Biasanya cara ini manjur untuk membuat si buah hati yang kebetulan terkena autis tertawa senang dan mendengarkan nasehat sederhana kita.

Anak autis bukanlah anak gila atau bodoh. Dia malah bisa jadi lebih cerdas dari anak pada umumnya bahkan lebih dari kita, orang tuanya. Mereka bisa melakukan ha-hal yang tidak bisa kita lakukan. Contoh kasus anak saya, dia bisa menghafal dengan sekali dengar dengan berkonsentrasi. Jika dia tidak mau berkonsentrasi, biasanya dengan 2 sampai 3 kali mendengar dia sudah bisa menghafal, serumit apapun. Asyiknya lagi, hafalannya ini susah hilang. Saya pernah mencoba hafalan anak saya yang pernah dihafal setahun sebelumnya, eh dia masih hafal lho. Ini hanya sebuah contoh kecil bagaimana anak autis bisa jadi lebih dari kita orang dewasa.

Jadi intinya, jangan pernah meremehkan anak autis. Mereka adalah anak istimewa yang pernah dikaruniakan Allah kepada kita. Karena anak istimewa, maka perlakukan kita pun sebagai orang tua harus istimewa juga. Tidak ada satu pun hal yang istimewa di dunia ini bisa didapat dengan cara yang mudah. Demikian juga anak autis kita. Autismenya—menurutku pandanganku yang mungkin sempit—adalah kekurangannya akibat dari kelebihan-kelebihan kemanusiaannya tak mampu dibendung oleh tubuhnya yang sederhana. Akibat dari semua itu adalah ketidakseimbangan tubuh atua malah tubuh yang tidak proporsional. Tapi, justru karena itulah maka dapat disimpulkan bahwa autisme dapat diatasi jika kondisi tubuh yang tidak proporsional ini dilatih sedemikian rupa.

Namun, memang, disamping tubuh yang tak proporsional yang mengakibatkan ketakseimbangan mekanisme tubuh ini, ada juga factor emosi. Biasanya anak autis mempunya tingkat arousal (kesadaran) yang berlebih. Bisa jadi lebih rendah dari pada manusia umumnya—ini mengakibatkan si anak cenderung lamban. Bisa juga lebih tinggi dari manusia pada umumnya—ini mengakibatkan si anak mempunyai tingkat emosi yang sangat tinggi. Nah, untuk hal yang kedua ini cara penangananannya ada, yaitu dengan diterapi gosok tubuh menggunakan sikat khusus. Saat ini anak saya sedang menjalani terapi ini oleh mamanya. Sikatnya dapat dibeli di tempat terapi anak RUMAH LILIPUT di jalan Anggur Cipete. Semoga berhasil..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s